7 Rekomendasi Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi
Travel

7 Rekomendasi Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi

Mojokerto, sebuah kota kecil yang terletak di Jawa Timur, Indonesia, mungkin tidak sepopuler destinasi wisata lainnya seperti Malang atau Surabaya.

Namun, kota ini memiliki potensi pariwisata yang menakjubkan dengan berbagai tempat menarik yang layak untuk dikunjungi.

Dari situs sejarah dan budaya hingga alam yang mempesona, berikut adalah rekomendasi Wisata Mojokerto Terkenal yang wajib Anda kunjungi:

1. Candi Brahu

Candi Brahu adalah salah satu peninggalan sejarah penting di Mojokerto. Candi ini dibangun pada abad ke-14 Masehi dan merupakan bagian dari kompleks candi Trowulan, ibu kota Kerajaan Majapahit yang legendaris.

Candi ini memiliki arsitektur yang megah dan indah, serta menjadi saksi bisu dari kejayaan masa lalu Jawa Timur.

2. Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo adalah salah satu keajaiban alam tersembunyi di Mojokerto. Terletak di Desa Pacarkeling, air terjun ini menawarkan pemandangan yang mempesona dengan air yang jernih dan segar serta pepohonan yang rindang.

Bagi para pecinta alam dan petualang, Air Terjun Kakek Bodo adalah tempat yang sempurna untuk menikmati keindahan alam dan bersantai di tengah alam liar.

3. Museum Mojopahit

Museum Mojopahit adalah tempat yang sempurna untuk belajar tentang sejarah dan budaya Jawa Timur, khususnya masa kejayaan Kerajaan Majapahit.

Museum ini menampilkan berbagai artefak bersejarah, replika bangunan kuno, dan pameran seni yang menggambarkan kehidupan dan kebudayaan masyarakat Majapahit. Bagi penggemar sejarah, Museum Mojopahit adalah destinasi wisata yang menarik dan informatif.

Baca Juga:  Makanan Khas Padang yang Wajib Dicoba

4. Candi Tikus

Candi Tikus adalah situs arkeologi yang unik dan menarik yang terletak di Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Mojokerto.

Candi ini merupakan kompleks pemandian yang dibangun pada abad ke-14 Masehi dan diyakini digunakan untuk ritual keagamaan pada masa Kerajaan Majapahit.

Arsitektur candi yang indah dan makna sejarah yang dalam membuat Candi Tikus menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi.

5. Kali Pacal

Kali Pacal adalah sungai kecil yang terkenal karena airnya yang jernih dan alami. Sungai ini merupakan tempat yang populer untuk berenang dan piknik bersama keluarga dan teman-teman.

Anda juga dapat menikmati keindahan alam sekitar sungai dengan berjalan-jalan atau bersepeda di sepanjang tepi sungai. Kali Pacal adalah tempat yang sempurna untuk melepas penat dan bersantai di tengah alam yang asri.

6. Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan adalah gunung berapi yang terletak di perbatasan antara Mojokerto dan Malang. Gunung ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan hamparan pepohonan hijau, bukit-bukit yang hijau, dan udara segar yang menyegarkan.

Anda dapat melakukan pendakian ringan ke puncak gunung untuk menikmati pemandangan panorama yang spektakuler.

7. Taman Kota Mojokerto

Taman Kota Mojokerto adalah taman kota yang indah dan nyaman untuk bersantai dan rekreasi. Taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti lapangan olahraga, area bermain anak-anak, dan taman bunga yang indah.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata di Medan yang Paling Populer untuk Kunjungi

Taman Kota Mojokerto adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman, atau sekadar menikmati suasana alam yang tenang dan damai.

Kesimpulan

Mojokerto mungkin tidak sepopuler destinasi wisata lainnya di Jawa Timur, tetapi kota ini memiliki potensi pariwisata yang besar dengan berbagai tempat menarik yang layak untuk dikunjungi.

Dari situs sejarah dan budaya hingga alam yang mempesona, Mojokerto menawarkan berbagai pengalaman wisata yang dapat memikat para pengunjung. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi keindahan dan pesona Wisata Pacet Terdekat pada kunjungan berikutnya ke Jawa Timur.