Memperluas Bisnis Anda Saat Ekonomi Tidak Stabil

Terlepas dari pasar saat ini, pemilik bisnis yang tak terhitung jumlahnya menemukan cara untuk mengatasi badai ekonomi dan menjaga bisnis mereka tetap menguntungkan.
Naluri bagi banyak orang adalah mencari cara untuk memotong biaya secara internal dengan memangkas jumlah karyawan, gaji atau jam kerja, atau mencari cara untuk mengurangi biaya produksi atau meningkatkan efisiensi.
Namun, beberapa pemilik bisnis dapat mengambil manfaat dari mempertimbangkan ekspansi bisnis.
Ada banyak cara untuk mengembangkan bisnis. Bentuk ekspansi paling dasar adalah dengan fokus pada basis pelanggan Anda saat ini dan menyesuaikan penawaran bisnis Anda agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang berubah.
Ini mungkin melibatkan pembelian peralatan baru atau meningkatkan pemilihan inventaris untuk menyediakan lebih banyak produk atau layanan ke berbagai demografi yang lebih besar.
Layanan pelanggan yang sangat baik juga penting ketika konsumen saat ini memiliki banyak pilihan yang tersedia bagi mereka.
Memberikan jam dukungan tambahan atas permintaan pelanggan, misalnya, adalah cara yang pasti untuk mempertahankan pengikut yang lebih setia dan mungkin menghasilkan rekomendasi dari mulut ke mulut.
Anda juga dapat memperluas bisnis Anda ke pelanggan baru dengan memperkenalkan lokasi baru, mengakuisisi pesaing, atau pindah ke industri terkait.
Peluang ekspansi ini tidak hanya akan membantu memposisikan perusahaan Anda untuk pertumbuhan yang berkelanjutan, tetapi juga akan meningkatkan daya jual bisnis Anda begitu tiba saatnya untuk keluar dari bisnis.
Namun, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh setiap pemilik bisnis sebelum melakukan segala jenis ekspansi.
Pertama, pemilik bisnis harus berusaha memahami jenis ekspansi apa yang tepat untuk bisnisnya.
Tidak semua jenis ekspansi akan bekerja untuk setiap bisnis atau untuk setiap industri. Pemilik bisnis harus sangat rajin dalam meneliti apa yang akan berhasil untuk mereka dan sumber daya apa yang mereka miliki.
Sebelum mempertimbangkan ekspansi, singkirkan opsi yang Anda tahu tidak masuk akal, atau Anda tidak punya waktu, uang, atau keinginan untuk mengejar.
Anda dapat membuat keputusan ini dengan melakukan beberapa penelitian awal.
Jika Anda mempertimbangkan ekspansi yang melampaui aktivitas internal atau pembelian, bicarakan dengan pialang bisnis lokal dan mintalah masukan mereka mengenai tren apa yang mereka lihat di industri Anda.
Anda juga dapat melihat pesaing yang telah berkembang untuk melihat apa yang mereka lakukan dan di mana mereka berhasil atau gagal.
Juga bermanfaat untuk bertanya pada diri sendiri apakah Anda benar-benar akan mendapat manfaat dari ekspansi.
Ada beberapa manfaat yang bisa didapat dengan ekspansi bisnis, tetapi ada juga banyak risiko yang ditanggung.
Pertimbangkan misalnya apakah ekspansi akan menghasilkan keuntungan biaya untuk bisnis Anda, karena skala ekonomi.
Selain itu, tanyakan pada diri Anda apakah ekspansi akan mengekspos Anda ke pelanggan baru dan apakah pelanggan Anda yang sudah ada tetap setia saat Anda bekerja melalui rasa sakit yang tumbuh?
Selanjutnya, pertimbangkan apakah ekspansi akan membawa stres yang tak terhindarkan ke dalam hidup Anda yang berpotensi menghalangi kemampuan Anda untuk berhasil menjalankan bisnis.
Ada juga masalah keuangan. Apakah Anda mampu untuk memperluas bisnis Anda? Di pasar saat ini, pinjaman usaha tidak mudah didapat.
Dengan pemberi pinjaman besar yang berjuang untuk bertahan di pasar, mengamankan pinjaman untuk bisnis Anda mungkin lebih sulit daripada yang diantisipasi.
Orang yang mencari pinjaman dipaksa untuk memanfaatkan agunan dalam jumlah besar, seperti rumah mereka.
Ini menambah banyak risiko pada semua jenis ekspansi bisnis karena kegagalan bisa berarti hilangnya tidak hanya mata pencaharian Anda, tetapi juga rumah Anda.
Untuk pembeli yang mempertimbangkan untuk membeli bisnis lain bahkan pesaing atau bisnis dalam industri terkait pembiayaan penjual terbukti menjadi satu-satunya cara untuk menyelesaikan kesepakatan.
Pembiayaan penjual adalah pinjaman yang diberikan oleh penjual bisnis untuk menutupi persentase yang disepakati dari harga jual.
Pertimbangkan bagaimana Anda akan mendanai ekspansi Anda sebelum mengambil langkah drastis. Setelah Anda memutuskan untuk mengambil langkah awal menuju ekspansi, pertimbangkan dengan tepat bagaimana Anda akan mewujudkannya.
Jika Anda bertujuan untuk pertumbuhan internal, buatlah rencana untuk mengalokasikan sumber daya dan apa yang akan Anda lakukan untuk membuat bisnis Anda saat ini lebih besar dan lebih baik.
Jika rencana Anda termasuk mengakuisisi bisnis baru, nilailah seberapa baik Anda merasa dapat melakukan proses itu sendiri.
Ada beberapa alat yang sudah ada, termasuk program akuisisi pembeli yang memanfaatkan keahlian pialang dan perantara bisnis untuk menetapkan tujuan Anda, mengidentifikasi bisnis target, menyaring bisnis, memberi saran tentang penawaran dan membantu negosiasi dan penutupan.
Pasar online bisnis untuk dijual menawarkan sumber daya alternatif bagi mereka yang ingin membeli bisnis sendiri.
Meskipun ada banyak pertimbangan yang harus dibuat sebelum memutuskan untuk memperluas bisnis Anda, mempertimbangkan masalah di atas dapat membantu memfasilitasi proses pengambilan keputusan Anda.
Mengambil keuntungan dari penurunan dengan harga permintaan bisnis untuk dijual yang lebih rendah dengan membeli pesaing Anda dapat menempatkan Anda pada posisi yang bagus ketika ekonomi bangkit kembali.

Baca Juga:  Alasan Mengapa Rencana Bisnis Adalah Kunci Sukses